Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Paket Data Telkomsel ke Nomor Lain 2024

Jika berbicara soal paket data internet, provider Telkomsel mungkin menjadi salah satu penyedia layanan internet yang paling populer di Indonesia. Memiliki cakupan jaringan dan sinyal yang sangat luas membuat banyak orang memilih menggunakan Telkomsel. 

Tak sampai di situ saja, kualitas internet yang stabil dan cepat juga menjadi keunggulan dari provider yang satu ini, meskipun harga paket internet yang ditawarkan oleh Telkomsel terbilang cukup mahal.

Mesti diakui bahwa saat ini berselancar di internet seolah menjadi kebutuhan dan rutinitas yang pasti dilakukan oleh banyak orang setiap harinya. Untuk dapat mengakses internet menggunakan smartphone maupun PC dibutuhkan yang namanya paket data internet. 

Cara Mengirim Paket Data Telkomsel ke Nomor Lain 2021

Apalagi pagi pengguna smartphone, kuota data internet sangatlah penting karena kebanyakan smartphone saat ini memang membutuhkan jaringan internet untuk bisa menjalankan semua aplikasi yang ada.

Namun meski begitu Telkomsel tetap menjadi primadona bagi pengguna perangkat mobile. Hal itu karena Telkomsel menawarkan berbagai layanan yang akan memudahkan para penggunanya, salah satunya adalah kita dapat melakukan transfer kuota data internet ke nomor lain tanpa terkena biaya tambahan sama sekali. 

Layanan ini memang sangat membantu, terutama jika kamu memiliki kuota data internet yang berlebih dan bermaksud untuk membagikannya ke teman atau saudara yang membutuhkan.

Apalagi cara mengirim paket data Telkomsel ke nomor lain di tahun 2024 ini mudah dan bisa melalui cara sms, kode dial *500*2#, dan *363#. Berikut panduan lengkapnya.

3 Cara Mudah Transfer Kuota Telkomsel ke Nomor Lain 

Sebagai salah satu provider telekomunikasi terbaik di Indonesia, tentu saja Telkomsel selalu memberikan pelayanan terbaiknya. Termasuk dalam hal transfer kuota data internet ke nomor lain yang dapat dilakukan dengan beberapa metode mudah.

Melalui SMS

Cara termudah untuk mengirim kuota data telkomsel milik kita ke nomor lain adalah melalui SMS. Sangat simpel dan tak membutuhkan biaya sehingga kamu tak perlu install aplikasi apapun. Namun cara ini memiliki kekurangan, karena kamu hanya bisa mengirim kuota maksimal 100 MB saja.

Nah, berikut ini langkah-langkah transfer paket data Telkomsel melalui SMS.

  • Masuk ke aplikasi pesan di smartphone kamu dan ketikkan TRF (spasi) 100 (spasi) No tujuan kemudian kirimkan ke nomor 3636.
  • Tunggu sebentar sampai kamu mendapatkan SMS balasan yang berisikan konfirmasi jika kamu ingin melakukan transfer kuota.
  • Jika kamu sudah yakin, maka kamu bisa membalasnya dengan mengetikkan TRF (spasi) YA.
  • Tunggu balasan pesan berikutnya, sampai proses transfer kuota data berhasil dilakukan.

Melalui Kode Dial *500*2#

Cara yang kedua ini kita akan menggunakan kode dial *500*2#. Dengan ketentuan bahwa kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 setiap transaksi atau transfer paket data.

Kamu hanya dapat transfer paket data dengan minimal 50MB dan maksimal 500MB dengan sistem kelipatan 50MB, misalnya seperti 100, 150, 200 dan seterusnya, Setelah kamu memahami persyaratannya, yuk langsung simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Langsung masuk ke aplikasi telepon kamu dan ketikkan kode dial *500*2# dan tekan panggil.
  • Setelah itu akan muncul pop up dan ketikkan angka 1 atau pilih opsi YA untuk melanjutkan transfer kuota.
  • Jika sudah, langsung masukkan nomor tujuan yang hendak kamu kirim paket data.
  • Berikutnya masukkan jumlah kota yang hendak kamu transfer ke nomor lain.
  • Terakhir kamu tinggal melakukan konfirmasi pengiriman dengan mengetikkan angka 1 yang berarti Setuju.
  • Nantinya kamu akan mendapatkan notifikasi dari operator yang menyatakan jika proses transfer paket data telah berhasil dilakukan.

Melalui Kode Dial *363#

Kamu tak perlu install aplikasi untuk transfer kuota ke provider lain seperti XL, IM3 atau yang lainnya. Cukup menggunakan cara super simpel ini kamu sudah bisa mengirim paket data Telkomsel yang kamu miliki ke nomor teman atau saudara yang berbeda provider denganmu. Caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke aplikasi telepon dan ketikkan *363#.
  • Kemudian pilih opsi Paket Lainnya
  • Pilih layanan Gift.
  • Masukkan nomor tujuan yang hendak kamu kirim kuota data internet.
  • Selanjutnya pilihlah opsi Paket Flash Gift dan pilih durasi paket Harian, Mingguan dan Bulanan.
  • Setelah itu pilih paket yang ingin kamu transfer.
  • Tunggu sampai kamu mendapatkan notifikasi dari pihak operator.

Dengan menggunakan 3 cara mengirim paket data Telkomsel ke nomor lain kamu dapat berbagi kuota internet ke teman maupun saudara. Jadi jika kamu memiliki kuota internet lebih dan bingung untuk menghabiskannya sendiri, maka tak ada salahnya untuk membagikannya ke orang lain dengan menggunakan ketiga metode di atas.