Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperkecil Ukuran Memori Data Mobile Legends 2024

Ukuran penyimpanan data mobile legend 2024 seringkali menjadi masalah bagi player dengan smartphone spesifikasi rendah untuk bermain. Bagaimana tidak, smartphone kentang biasanya memiliki ruang penyimpanan internal yang tidak terlalu luas. 

Hal ini akan membuat ruang penyimpanan akan cepat penuh padahal hanya memasang beberapa aplikasi saja. Bagi pengguna smartphone dengan spesifikasi gahar maka data mobile legend yang bisa sampai 2gb tidak menjadi kendala sama sekali.

Cara Memperkecil Ukuran Memori Data Mobile Legends 2021

Nah, jika kamu jadi salah satu pemain Mobile Legends yang mengalami masalah tersebut maka tak perlu khawatir. Saat ini ada beberapa cara taktis untuk menghapus resource tinggi mobile legend sehingga size menjadi lebih kecil.

Perlu diketahui bahwa Mobile Legends tak akan lepas dari yang namanya update aplikasi. Makanya ukuran data mobile legend 2024 yang semakin bertambah besar menjadi hal yang tak terhindarkan.

Cara Memperkecil Ukuran Penyimpanan Data Mobile Legends

Banyak yang bertanya berapa sih ukuran data mobile legend? Umumnya full size data dari game Mobile Legends berkisar di antara 3 GB bahkan lebih. 

Ukuran data tersebut bisa saja terus bertambah seiring dengan pembaharuan yang di lakukan Moonton terhadap game buatannya. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini:

1. Hapus Cache Mobile Legends

Cara memperkecil ukuran data Mobile Legends 2024 paling mudah adalah dengan menghapus cache yang ada di dalam gamenya. Cara ini terbilang sangat aman karena kamu tak perlu khawatir kehilangan file penting yang ada di dalam gamenya. 

Cache sendiri merupakan sebuah sampah yang pasti ada di setiap aplikasi, terutama yang sering kita gunakan. Adapun cara menghapus cache mobile legend baik di android maupun iphone adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu Pengaturan di smartphone kamu.
  • Pergi ke Manajemen Aplikasi dan cari game Mobile Legends.
  • Selanjutnya pergi Penggunaan Penyimpanan.
  • Nantinya ada opsi Hapus Cache, klik opsi tersebut untuk menghapus cache game.
  • Selesai.

Dengan membersihkan ram mobile legend memang tidak terlalu memberikan efek yang begitu besar, karena hanya file cache saja yang dihapus. Namun jika kamu ingin benar-benar memperkecil ukuran data Mobile Legends semaksimal mungkin maka kamu bisa menggunakan cara yang kedua sebagai berikut.

2. Hapus Data Mobile Legends

Cara yang kedua ini adalah dengan menghapus beberapa data file yang ada di Mobile Legends. Dengan memanfaatkan fitur sd card ml, kamu masih bisa bermain ML dengan aman meskipun akan ada beberapa file yang akan dihapus nantinya. 

Namun sebelum menuju ke tutorial ada beberapa aplikasi dan file pendukung yang perlu kamu download terlebih dahulu.

  • Aplikasi ZArchiver yang bisa kamu download dan install di Google PlayStore.
  • File cdnTemp yang bisa kamu download melalui link ini cdnTemp.zip.

Setelah kedua bahan tersebut selesai kamu unduh, kamu bisa langsung menuju ke tutorial bagaimana cara memperkecil ukuran penyimpanan data Mobile Legends.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memasang aplikasi ZArchiver di smartphone kamu.
  • Berikutnya buka aplikasi ZArchiver yang telah kamu installl sebelumnya.
  • Buka folder Android > Data > com.mobile.legends > Filer > Dragon2017 > Assets > Art > Android.
  • Setelah itu klik icon pencarian yang ada di sudut kanan atas dan ketikkan High'.
  • Nantinya kamu akan melihat deretan file dengan nama High.
  • Selanjutnya klik icon titik tiga di sudut kanan atas dan klik Pilih Banyak. Lalu klik icon centang dua dan klik opsi Pilih Semua.
  • Kemudian kamu bisa menghapus semua file tersebut. 
  • Setelah semua file terhapus, silahkan kembali ke folder Assets dan hapus folder yang bernama cdnTemp.
  • Setelah itu carilah file cdnTemp yang telah kamu unduh sebelumnya kemudian ekstrak file tersebut.
  • Salin folder cdsTemp yang telah kamu ekstrak tadi dan pastekan ke dalam folder Android > Data > com.mobile.legends > Filer > Dragon2017 > Assets.
  • Selesai, kini kamu bisa mengecek ukuran data Mobile Legends pasti telah berkurang drastis.

Dengan melakukan cara yang kedua ini maka ketika kamu memainkan game Mobile Legends kamu tidak akan menemukan animasi yang bisanya muncul ketika melihat karakter atau hero di dalam Lobby.

Tapi jangan khawatir animasi tersebut akan tetap muncul ketika kamu berada di dalam arena. Sementara itu animasi untuk skin hero pun masih tetap muncul.