Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Hapus Akun Telegram Permanen Maupun Sementara

Cara Hapus Akun Telegram - Teknik menghapus akun di aplikasi telegram penting untuk diketahui guna mengamankan privasi yang mungkin telah terancam. Apalagi di era yang semakin modern ini terkadang privasi seseorang menjadi asupan publik. Nah ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk berkomunikasi di android dan iOS, telegram adalah aplikasi messenger yang bisa dibilang ringan dan aman sehingga seringkali dijadikan sebagai opsi utama dalam berkomunikasi. 

Tapi mungkin dengan alasan tertentu, Anda ingin menghapus akun telegram secara permanen ataupun menonaktifkan telegram secara sementara saja. Cara hapus akun telegram menjadi opsi paling vital untuk diketahui sebab terkadang data pribadi mudah tersebar ketika user bergabung di group maupun channel dalam telegram. 

Berbeda halnya dengan instant messanger lain yang hanya bisa melakukan aktifitas dasar seperti chat, telepon dan membagikan cerita. Di telegram kita bisa melakukan apapun, seperti bergabung di komunitas, bahkan sampai menonton film secara streaming. Oleh karena itu terkadang user secara tidak sengaja sering membagikan hal yang bersifat rahasia di aplikasi telegram.

Cara Hapus Akun Telegram Permanen Maupun Sementara

Bahkan banyak yang memprediksi bahwa aplikasi telegram di tahun mendatang akan menjadi lebih populer dibandingkan instant messanger lainnya. Sebab design sederhana namun ringan sangat memudahkan user dalam menggunakan aplikasi ini. Apalagi sekarang terdapat telegram web sehingga user bisa membuka aplikasi telegram di PC tanpa harus melalui metode verifikasi yang rumit.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan metode sederhana cara hapus akun telegram bagi pengguna android maupun iOS secara permanen serta cara menonaktifkan telegram sementara. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana tersebut, maka dijamin akan berjalan secara lancar tanpa mengalami suatu kendala.

Menghapus Akun Telegram Secara Sementara dalam Settingan Aplikasi

Cara ini cocok bagi Anda yang mungkin jarang membuka telegram dan jarang menggunakannya. Cara hapus akun telegram ini juga cocok bagi Anda yang lupa password, nomor hp dan email. Jadi nanti jika Anda tidak pernah menggunakan telegram, maka secara otomatis akun telegram Anda akan terhapus. Tapi ingat selalu bahwa cara ini digunakan untuk menghapus akun telegram secara sementara saja, berikut panduannya:

  • Pertama-tama klik icon tiga garis yang ada di pojok kiri atas
  • Masuk ke menu setting -> Privasi dan Keamanan
  • Pilih "Hapus Akun Saya Jika Tidak Ada" lalu tentukan waktu yang Anda inginkan
  • Klik Logout dari semua perangkat

Setelah melakukan cara-cara di atas, maka secara otomatis akun telegram Anda terhapus jika tidak pernah login selama batas waktu yang Anda sudah tentukan. Untuk memudahkan proses ini berjalan dengan lancar maka sebaiknya sekalian saja hapus instalasi aplikasi instagram yang ada di smartphone Anda.

Menghapus Akun Telegram Permanen Menggunakan Link yang Disediakan Pengembang Aplikasi

Berbeda dengan cara pertama yang hanya menghapus akun sementara, metode menggunakan link ini dimaksudkan untuk menghapus akun telegram secara permanen. Cara ini sebenarnya sudah disedikaan sejak awal oleh pihak telegram, oleh karenanya dibutuhkan verifikasi untuk mendapatkan akses konfirmasi user secara langsung. Berikut ini panduan menghapus akun melalui link verifikasi yang masuk dari chat telegram:

  • Masuk ke link telegram https://my.telegram.org/auth?to=deactivate
  • Masukkan nomor HP yang terhubung di akun telegram Anda
  • Cek username Anda benar atau tidak
  • Masukkan kode konfirmasi yang masuk melalui chat telegram
  • Klik Sign In
  • Masukkan alasan kenapa Anda menghapus akun lalu klik done
  • Konfirmasi penghapusan akun dan selesai

Cara Mengembalikan Akun Telegram yang Telah Hapus Permanen

Nah, setelah langkah-langkah diatas telah dilakukan terkadang timbul pertanyaan apakah akun telegram yang sudah dihapus bisa diaktifkan kembali? Tentunya hal ini tergantung dari teknik mana yang telah digunakan ketika memutuskan untuk hapus akun. Jika ternyata teknik yang digunakan bukanlah bersifat permanen, tentu untuk mengaktifkan akun yang telah terhapus bisa segara dilakukan dengan cara yang mudah pula.

Sebelum menghapus akun telegram Anda, yakinkan dulu diri Anda apakah benar-benar ingin menghapusnya. Karena setelah Anda menghapusnya, data di akun Anda tidak bisa diakses lagi kalau tidak dibackup. Banyak yang bertanya apakah akun telegram yang sudah dihapus bisa diaktifkan kembali? Tentu bisa, asalkan Anda menghapusnya dengan metode cara menonaktifkan telegram sementara.

Jika seandainya Anda menghapus aplikasi telegram melalui teknik "self destruct" maka untuk mengembalikannya bisa dengan mudah dilakukamn. Tips ini ditunjukkan buat Anda yang menyesal sudah menghapus akun telegram dan ingin mengembalikannya lagi. Tapi tingkat keberhasilan cara ini berbeda-beda namun tentu tak ada salahnya untuk mencoba, berikut ini panduannya:

  • Buka link Recover Deleted Telegram Account
  • Masukkan username akun yang sudah Anda hapus
  • Klik Check Username
  • Setelah ketemu, tap confirm
  • Klik Start
  • Terakhir, download Data Hasil Recovery dan silahkan masuk kembali ke Telegram

Jika beruntung, maka dengan mengikuti langkah diatas ini maka segala data akun yang ada di telegram Anda bisa kembali seperti sedia kala. Oleh karena itulah kami menekankan kembali untuk berpikir secara matang sebelum memutuskan untuk melakukan tindakan yang bertujuan untuk mengapus akun.

Nah, itulah tadi panduan cara singkat terbaru hapus akun telegram secara permanen maupun menonaktifkan akun untuk sementara di hp android maupun iOS di tahun 2020. Walau demikian sebelum menghapus akun, sebaiknya recovery dulu data-data penting yang terdapat dalam akun telegram Anda.