Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Fungsi Perangkat Keras Pada Komputer

Perangkat keras komputer adalah segala komponen peralatan pada PC (Personal Computer) berbentuk fisik sebagai pondasi dalam menjalankan konfigurasi program dari sistem komputer. Perangkat keras komputer seringkali disebut dengan istilah hardware pada dunia teknologi mengacu pada wujudnya yang berupa materi padat. 

Agar komputer dapat berjalan sesuai dengan fungsinya, perangkat keras (hardware) harus memiliki sinergi yang saling menyesuaikan dengan perangkat lunak (software). Bisa dibilang fungsi utama dari hardware adalah sebagai media input-output berupa perintah yang selanjutnya diolah oleh software yang tertanam di dalamnya. Jadi perangkat keras komputer adalah komponen komputer yang harus ada agar komputer dapat menjalankan instruksi dari user.

Pengertian dan Fungsi Perangkat Keras Pada Komputer

Perangkat komputer memiliki beragam jenis komponen dengan fungsi tertentu yang spesifik. Sangatlah penting untuk mengetahui setiap fungsi komponen hardware sebab jika mengalami kerusakan pada suatu sistem, maka bisa dicari tahu secepat mungkin hardware yang bermasalah.

Jenis dan Fungsi Perangkat Keras Komputer

Untuk memudahkan dalam mengetahui jenis dan fungi perangkat keras komputer, maka ahli teknologi setidaknya membagi fungsi hardware menjadi 5 jenis, yaitu antara lain:

  1. Fungsi Input
  2. Fungsi Output
  3. Fungsi Proses
  4. Fungsi Penyimpanan
  5. Fungsi Kelistrikan
Setiap fungsi ini memiliki beberapa komponen yang berbeda namun saling terkait. Bahkan seringkali komponen hardware lama digantikan dengan komponen baru mengikuti trend perkembangan teknologi saat ini. Berikut ini penjelasannya masing-masing.

Perangkat Keras Input

Perangkat keras input yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam memori sistem komputer dapat dijumpai dengan mudah karena harganya yang murah dalam jumlah yang banyak. Berikut ini jenis-jenisnya:

  • Keyboard; Perangkat input utama yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengoperasikan komputer, mulai dari mengetik teks, memberikan perintah dan lain sebagainya.
  • Mouse; Perangkat peripheral yang digunakan untuk menggerakkan kursor, klik dan scroll.
  • Scanner;berfungsi untuk input data gambar maupun dokumen berukuran kecil melalui sistem scan sehingga bentuknya sama persis, bahkan warnanya.
  • ROM-Drive; Perangkat keras yang dapat membaca inputan data dari kepingan digital seperti CD atau DVD.

Perangkat Keras Proses

Perangkat keras proses seringkali disebut sebagai otaknya komputer sebab fungsi utamanya adalah mengolah data input dengan bantuan software. Beberapa contoh hardware proses adalah sebagai berikut:

  • Prosesor (CPU); Perangkat keras komputer ini merupakan komponen circuit elektronik yang mengeksekusi komputasi logika, aritmatika, dan input/output spesifik yang diberikan oleh user.
  • Mainboard; Berupa papan circuit untuk menghubungkan setiap perangkat keras pada sistem komputer yang dilengkapi dengan chip BIOS (Basic Input Output System)
  • Kartu suara; Berfungsi untuk melakukan proses data yang berupa suara baik itu untuk mengeluarkan maupun untuk merekam suara.

Perangkat Keras Output

Perangkat keras output merupakan hardware yang berfungsi untuk menampilkan dan menghasilkan keluaran dari data yang telah diproses. 

  • Monitor; Merupakan perangkat keras yang bekerja untuk menampilkan hasil proses data grafis dari VGA.
  • Speaker; Perangkat keras ini berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dengan volume yang bisa diatur.

Perangkat Keras Penyimpanan

Perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data pengguna biasanya berupa portable yang dapat dipindahkan antar sesama komputer seperti hardisk, cd, dvd, dan usb flashdisk. Penjelesannya sebagai berikut.

  • Hardisk; Harware jenis penyimpanan data ini sekarang terbagi 2 yaitu SSD (Solid State Data) dan HDD. Keduanya masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Walau demikian, saat ini SSD bisa dibilang merupakan teknologi terbaru karena menggunakan sistem NSND Flash sehingga lebih cepat, kuat, dan hemat listrik. 
  • RAM; Media penyimpanan yang bersifat volatile atau data akan hilang ketika listrik dimatikan dan data diakses secara acak. Data RAM ini ribuan lebih cepat dari hardisk biasa.
  • DVD; Hardware penyimpanan data berbentuk cakram yang populer waktu awal-awal pengembangan komputer. Namun DVD saat ini telah ditinggalkan karena kapasitas data yang kecil.
  • USB Flashdisk; Perangkat keras yang satu ini masih populer sampai sekarang karena walau berukuran kecil, mampu menyimpan data berukuran cukup. 

Perangkat Keras Kelistrikan

Perangkat keras kelistrikan adalah komponen yang memenuhi kebutuhan komputer dalam asupan daya dan tegangan yang stabil. Biasanya pengguna memasang stavolt untuk menstabilkan listrik yang masuk ke dalam sistem komputer yang setelah itu baru diatur oleh power supply.

  • Power supply; Berfungsi untuk mengkonversi tegangan dari AC menjadi DC
  • Stavolt (Stabilizer voltage); Berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik.

Sekian informasi mengenai pengertian perangkat keras komputer besera fungsi setiap komponen hardware yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya suatu perangkat keras komputer harus dipadukan dengan software terbaik yang original agar mampu mengoptimalkan kinerja komputer. Semoga bermanfaat.