Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merekam Layar Laptop dengan Software Gratis

Cara Merekam Layar PC Dengan Aplikasi Gratis 2020 -  Dalam membuat video tutorial, merekam permainan game, dan presentasi terkadang membutuhkan software perekam layar. Memang untuk beberapa komputer belum memberikan fitur perekam layar bawaan, tapi harus dengan menggunakan bantuan aplikasi atau software. Bagi kamu yang masih belum tau cara merekam layar di laptop menggunakan berbagai software, silahkan lihat panduannya berikut ini.

Kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat kita semakin mudah dalam menjalankan aktivitas, misalnya saja dalam penggunaan komputer seperti merekam layar. Apalagi bagi seorang youtuber gaming merekam layar aktifitas bermain game sangat dibutuhkan. Proses perekaman layar bisa dilakukan menggunakan software khusus, tanpa harus menggunakan kamera lain lagi. Hasil video yang dihasilkan juga berkualitas tinggi.

Mungkin dari kalian ada yang pernah berpikir bagaimana sih orang-orang bisa merekam live streaming misalnya dalam pertandingan bola atau merekam permainan game seperti yang dilakukan para youtuber di luar sana. Yah semua itu bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu install di laptop kamu.

Dengan aplikasi/software screen recording di laptop ini, kamu tidak perlu bersusah payah menggunakan cara merekam layar di laptop dengan kamera lain. Cara merekam layar laptop dengan suara ini sangat mudah kamu lakukan, apalagi kamu bisa download aplikasi perekam layar PC gratis, yah gratis.

Beberapa Aplikasi Gratis Perekam Layar di Komputer


Sebenarnya ada banyak aplikasi yang tersedia untuk merekam layar pada PC, namun ada beberapa aplikasi perekam layar yang dapat merusak pandangan video yang direkam karena adanya watermark. Untuk aplikasi screen recorder di bawah ini, kamu tidak perlu khawatir video kamu dirusak karena hadirnya watermark.

1. Cara Merekam Layar di Laptop Menggunakan XBOX Game Bar


Sebelumnya kamu harus tau bahwa untuk merekam layar di laptop dengan fitur Game Bar ini hanya dapat digunakan untuk laptop dengan Windows 10 Build 15019 dan di atasnya hanya Creator Update saja. Dengan demikian tidak semua windows 10 dapat menggunakan fitur XBOX Game Bar.


merekam layar menggunakan xbox game bar record


Jika windows kamu sudah memenuhi persyaratan utamanya, selanjutnya lakukan cara merekam layar di laptop berikut ini.
  • Setelah mendownload dan menginstal aplikasi ini, silahkan aktifkan fitur XBOX Game Bar di laptop kamu. Untuk mengaktifkannya masuk ke dalam menu setting, kemudian pilih ‘Gaming’ dan aktifkan opsi ‘Game Bar’.
  • Setelah aktif kamu sudah bisa langsung merekam layar dengan cara menekan tombol Windows Key (Winkey) + G di keyboard laptop. Selanjutnya centang ‘Yes, this is a game’. (Note Perintah Winkey + G ini hanya bisa berfungsi pada saat kamu sedang mengoperasikan sebuah aplikasi di laptop).
  • Setelah melakukan perintah di atas, maka secara otomatis Game Bar akan muncul. Setelah fitur Game Bar telah muncul, maka klik tombol lingkaran merah 'Start/Stop Recording' atau tekan tombol alternatif 'Windows+Alt+R'.
  • Setelah itu maka proses rekaman telah dimulai. Untuk mengentikan rekaman, cukup dengan cara klik tombol 'Stop Recording'. Namun apabila toolbar tiba-tiba hilang kamu bisa memunculkannya dengan menekan kembali Winkey + G lalu pilih 'Stop Recording’.
  • Video yang kamu rekam menggunakan aplikasi ini akan tersimpan dalam format .mp4 di folder 'Captures'.

2. Menggunakan VLC Media Player


Aplikasi yang sudah sangat umum dimiliki bagi pengguna komputer/laptop ini ternyata menyimpan fitur screen recorder yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar. VLC memang telah dikenal sebagai aplikasi pemutar video, namun juga bisa kamu jadikan sebagai aplikasi perekam layar di laptop.


merekam layar pc menggunakan vlc player


Bagi kamu pengguna windows 10, lakukan cara-cara berikut ini
  • Pertama-tama kamu harus menginstal aplikasi VLC Media Player, kemudian klik menu 'Media' lalu pilih 'Open Capture Device'.
  • Setelah itu akan muncul tab 'Capture Device' kemudian pilih 'Desktop' pada bagian 'Capture Mode'. Selanjutnya pada 'Desired Frame Rate for the Capture', Anda harus memasukkan angka 15 fps agar nantinya proses perekaman layar Anda bekerja secara maksimal.
  • Langkah selanjutnya yaitu pilih segitiga terbalik pada bagian bawah di sebelah tombol 'Play' lalu pilih opsi 'Convert'.
  • Pada tahap selanjutnya kamu akan diarahkan ke sebuah halaman lokasi untuk menyimpan rekaman layar yang akan kamu buat. Caranya dengan mengklik 'Browse' lalu klik 'Start' untuk memulai rekaman layar.
  • Jika langkah-langkah di atas sudah kamu lakukan, itu artinya perekaman layar tengah berlangsung. Untuk menghentikan proses recording, silahkan kembali ke aplikasi VLC Media Player kemudian pilih 'Stop recording'.
  • Secara otomatis video rekaman layar yang kamu buat akan tersimpan di lokasi yang telah kamu tentukan sebelumnya.
Itulah cara merekam layar di laptop menggunakan berbagai software yang bisa kamu lakukan. Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi yang bisa kamu lakukan untuk merekam layar di laptop misalnya menggunakan Action, TinyTake, Bandicam Screen Recorder, Open Broadcaster Software dan masih banyak lagi aplikasi lainnya.