Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Penjelasan Lengkap Hyper di Mobile Legend

Terdapat banyak sekali istilah yang digunakan oleh para player yang bermain game Mobile Legends. 

Adapun istilah di Mobile Legends yang memiliki kesamaan arti seperti pada game MOBA lainnya seperti core, tank, side lane, tank, support dan lain sebagainya.

Namun ada juga istilah-istilah yang hanya ada di Mobile Legends dan menjadi ciri khas dari game ini, salah satunya adalah Hyper Carry. 

Pengertian dan Penjelasan Lengkap Hyper di Mobile Legend

Istilah Hyper Carry ini sendiri muncul pertama kali pada pertandingan Mobile Legends Professional League (MPL) pada tahun 2020 lalu. 

Karena istilah ini baru-baru saja muncul, alhasil ada beberapa player Mobile Legends yang belum mengerti arti Hyper dalam ML.

Nah, untuk itulah di kesempatan kali ini kami akan mencoba menjelaskan apa itu Hyper Carry secara mendalam agar semua player bisa mengerti dan tidak bingung lagi ketika mendengar istilah ini.

Penjelasan Hyper Carry Sebagai Damage Dealer Utama

Asal usul istilah Hyper Carry ini muncul ketika tim Bigetron Alpha yang pada saat itu bertanding pada Mobile Legends Professional League season ke 5 dan menggunakan strategi ini. 

Hyper Carry sendiri merupakan sebuah meta yang berfokus pada satu hero yang nantinya akan menjadi damage dealer utama dalam sebuah pertandingan.

Adapun hero yang bisa menjadi Hyper Carry haruslah memiliki DPS (Damage per Second) dan sustained damage yang tinggi. 

Selain itu hero yang digunakan juga harus bisa mengumpulkan gold dengan cepat untuk membeli semua item yang dibutuhkan dalam pertandingan nantinya. Tipe hero yang sering dipilih oleh para player Mobile Legends adalah Marksman, Support dan Fighter.

Formasi permainan yang menggunakan META hyper carry mengharuskan salah satu mid player membeli item roaming.

Selain itu setiap last hit di dalam lane haruslah didapatkan oleh hero Hyper Carry. 

Agar lebih efektif, Hyper Carry juga harus menggunakan dua buff (merah dan biru) sekaligus serta mengambil hero farming agar gold yang didapatkan bisa lebih banyak dan membuat hero Hyper Carry jadi semakin kuat.

Sementara itu dalam pertandingan Hyper Carry harus didampingi oleh dua hero pendukung yaitu Tank/Suppprt dan Mage. Sedangkan 2 hero sisanya, masing-masing akan menempati setiap side lane dan bertindak sebagai offlaner. 

Tugas dari offlaner sendiri adalah harus bisa bertahan hidup selama mungkin dan jika bisa juga ikut menghancurkan tower di atas dan bawah. Nantinya Hyper Carry bersama 2 hero lainnya akan melakukan rotasi ke lane atas dan bawah.

Jika dilihat sepintas META Hyper Carry ini seperti sangat powerfull dan mampu untuk mendominasi pertandingan dengan cepat. Namun seperti META pada Mobile Legends lainnya, META yang satu ini pun memiliki sejumlah kelemahan yang harus diwaspadai oleh setiap player yang menggunakan META Hyper Carry. 

Kelemahan META Hyper Carry

Berikut ini beberapa kelemahan strategi atau META Hyper Carry yang perlu kamu ketahui.

Hyper Carry Lemah di Late Game

META Hyper Carry ini juga dapat digantikan dengan cara mengelola waktu dengan baik. Kamu dapat membawa permainan sampai ke fase late game yang akan membuat efektifitas META Hyper Carry ini akan menurun. 

Untuk menjalankan strategi ini dibutuhkan 2 hero core. Kamu bisa menggunakan hero core Marksman atau Assasins di fase late game dan satu hero core Mage untuk fase early-mid game. 

Split Push

Dalam META Hyper Carry, 2 hero pendukung akan memiliki komitmen untuk untuk melindungi hero utama. Jika sudah begini maka kemungkinan akan ada satu lane yang kosong sementara hero core dan pendukung akan melakukan roaming pada lane lain. 

Lane kosong ini sering dimanfaatkan oleh hero split untuk menghancurkan turret yang ditinggalkan. Untuk mengatasi kelemahan ini, hero Hyper Carry harus memiliki mobilitas yang tinggi agar mampu berpindah tempat dengan cepat.

Hero Pickoff

Untuk menaklukkan META Hyper Carry kamu bisa melakukan pick off langsung di belakang. dengan menggunakan hero tertentu, contohnya seperti Assasins.

Hal itu dikarenakan 2 hero pendukung pendukung lain biasanya memiliki exp dan gold yang sedikit akibat dari item wooden mask. 

Alhasil jika hero Hyper Carry mati terlebih dahulu maka sudah tak ada lagi senjata utama yang bisa diandalkan untuk menyerang. 

Demikianlah penjelasan Hyper Carry dalam game Mobile Legends. Semoga dengan penjelasan tersebut kamu tidak bingung lagi jika ada teman atau player lain yang menyebutkan istilah ini dalam pertandingan Mobile Legends.