Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Banyak Readers dan Vote di Wattpad

Wattpad adalah sebuah website yang berisikan karya tulis dari para pengguna di dalamnya. Wattpad juga kerap menjadi tempat untuk para penulis dalam memamerkan hasil karyanya. 

Memiliki banyak follower serta pembaca setia menjadi impian bagi semua penulis di Wattpad. Sayangnya untuk mendapatkan hal tersebut sangatlah sulit.

Meski sulit, namun bukan berarti tidak mungkin. Pasalnya ada banyak penulis muda yang mendulang kesuksesan karena karyanya ternyata disukai oleh banyak orang dan bahkan dilirik oleh penerbit besar.

Dengan hasil tulisan di wattpad yang populer, maka tujuan utama untuk menjadi penulis buku bisa tercapai lebih mudah.

Tips Trik Mendapatkan Jumlah Pembaca Banyak di Wattpad

Ada beberapa poin penting yang perlu kamu perhatikan jika ingin tulisanmu di Wattpad dibaca dan di vote oleh banyak orang. 

Cara mendapatkan banyak readers dan vote di Wattpad melalui beberapa tahapan mulai dari mencari ide tulisan menarik, proses penulisan yang rapi, serta memperbanyak referensi bacaan.

Dengan semakin banyaknya pembaca yang melirik hasil tulisan kamu, maka kemungkinan untuk mendapatkan peringkat tinggi di Wattpad bisa diraih.

Daripada penasaran, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Membuat Judul yang Menarik

Membuat judul yang menarik menjadi salah satu cara agar cerita kamu mendapatkan banyak readers dan vote banyak orang di Wattpad. Membuat judul yang menarik memang bukan perkara yang mudah namun tidak juga sulit. 

Kamu hanya perlu berpikir lebih lama dan keras untuk menentukan judul apa yang menarik dan unik untuk cerita yang akan kamu tulis di Wattpad. 

Buatlah judul cerita yang mampu membangkitkan rasa penasaran pembaca sekaligus dapat dengan mudah merasuk kedalam ingatan mereka.

Jika memang blank, ada baiknya melakukan analisi tag yang paling sering dicari di wattpad sehingga kamu bisa membuat ide bersumber dari apa yang sedang trending.

Buat Prolog Sebagus Mungkin

Prolog adalah bagian awal dari sebuah cerita yang dapat menentukan apakah cerita tersebut akan dibaca terus atau justru malah ditinggalkan oleh pembacanya. 

Tanpa bermaksud untuk mengesampingkan bagian yang lain, namun bagian prolog memang perlu mendapatkan perhatian khusus. 

Untuk itulah kamu harus membuat prolog sebagus mungkin agar bisa menarik hati para pembaca untuk membaca bagian-bagian lainnya sampai selesai.

Buat Cerita Terbaik

Ini adalah poin terpenting dalam cara mendapatkan banyak readers dan voter di Wattpad. Buatlah cerita sebaik yang kamu bisa dan sesuai dengan kemampuanmu. 

Kamu dapat membagikan atau mempromosikan hasil karyamu ke mana saja dan dengan cara apa saja, namun tetap jika cerita kamu tak ditulis dengan baik maka semua itu sama saja, alias tak ada yang berubah.

Jika kamu membutuhkan bantuan orang lain, kamu dapat meminta bantuan pada penulis lain untuk memberikan kritik mereka mengenai cerita yang kamu tulis. 

Di Wattpad juga kamu dapat menemukan buku mengenai tutorial dasar-dasar kepenulisan berupa editing PUEBI dan lain sebagainya. 

Semakin banyak referensi mengenai panduan kepenulisan yang benar, maka akan membantu memperbaiki kualitas dari tulisan kamu.

Seiring waktu kemampuan menulis kamu pun akan semakin baik dan bahkan kamu sudah menyadari jika bagian-bagian awal cerita kamu masih kurang baik. 

Kamu dapat menemukan kata atau kalimat yang lebih bagus untuk digunakan serta menyadari jika ada beberapa kesalahan susunan kata yang ada di dalam cerita yang kamu buat. 

Jangan ragu untuk memperbaikinya, karena ini dapat mempengaruhi jumlah readers dan vote dalam cerita kamu. 

Promosikan Hasil Karyamu

Cara termudah untuk mendapatkan banyak readers adalah dengan mempromosikan  cerita yang kamu tulis di wattpad. 

Media sosial seperti instagram, tiktok, facebook, dan twitter bisa menjadi tempat yang paling tepat untuk mempromosikan hasil karyamu.

Kamu hanya perlu membagikan setiap part cerita dengan cara menekan tombol media sosial yang ada di aplikasi Wattpad yang kamu miliki. 

Selain media sosial, manfaatkan juga aplikasi chatting dan email yang kamu miliki untuk meraup banyak pembaca.

Tak hanya itu saja, bagi kamu yang juga merangkap sebagai blogger juga dapat merekomendasikan cerita yang kamu tulis di Wattpad kepada para pengunjung di blogmu. 

Jika kamu mencari karya tulis di mesin pencari Google, pastilah tulisan yang ada di blog akan jauh lebih unggul ketimbang di Wattpad. 

Untuk itulah kamu bisa memanfaatkan blog sebagai sarana untuk mempromosikan hasil karyamu yang dipublikasi di Wattpad. 

Rajin Membaca

Apalah jadinya jika gemar menulis tetapi malas membaca. Padahal membaca merupakan asupan terbaik bagi seorang penulis. 

Membaca akan membantu memperkaya kosakata yang dimiliki dan membantu mendapatkan inspirasi untuk cerita berikutnya. 

Jika seorang penulis lama tak membaca maka bisa dipastikan ia akan mengalami kekeringan ide. Di samping itu, membaca dan mengapresiasi karya penulis lain di Wattpad juga akan memberikan manfaat untuk kita.

Di mana selain kita bisa mendapatkan ilmu baru, kita pun bisa berteman dengan penulis yang lebih senior. Di kesempatan lain mereka pun pasti akan membaca cerita kita sekaligus mengapresiasi dan memberikan kritik serta saran yang membangun. 

Cara memberikan apresiasinya pun cukup mudah, kamu hanya perlu memberikan vote serta komentar di setiap karya tulis mereka. 

Demikianlah tips sederhana bagaimana cara mendapatkan banyak readers dan vote di Wattpad untuk para penulis baru. 

Dibutuhkan kesabaran dan konsistensi dalam membuat cerita yang berkualitas di Wattpad agar hasil karya tulis kita bisa dinikmati dan disukai oleh banyak orang.