Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Alasan Kenapa Harga Hp Xiaomi Lebih Murah Dibanding Hp lain

4 Alasan Kenapa Harga Hp Xiaomi Lebih Murah Dibanding Hp lain - Vendor smartphone asal Cina Xiaomi, beberapa tahun belakangan banyak menarik perhatian para pecinta gadget. Alasannya yaitu smartphone xiaomi dijual sangat murah dibandingkan kompetitornya, padahal spesifikasi hampir terbilang menyerupai.

Didirikan pada tahun 2010, Xiaomi secara konsisten memproduksi smartphone dengan harga murah namun kualitas tidak bisa dianggap remeh. Bahkan banyak rumor yang berkembang jika para vendor lain “dipaksa” menurunkan harga produknya demi mampu bersaing dengan Xiaomi.


4 Alasan Kenapa Harga Hp Xiaomi Lebih Murah Dibanding Hp lain

Xiaomi memang terkenal sering mengganggu pesaingnya dengan menurunkan harga seminimal mungkin.

Contohnya tahun 2017 kemarin Xiaomi mengeluarkan ponsel Xiaomi Mi A1 seharga hanya 3.099.999 IDR. Hal ini memaksa pesaingnya Moto G5s Plus untuk menekan harga produknya. Padahal awalnya Moto G5S Plus berencana beredar disekitaran harga 4 jutaan.

Penyebab Harga Hp Xiaomi Lebih Murah Walau Kualitas Terjaga

Walau memiliki spesifikasi ciamik, Hp xiaomi bisa dibilang tetap memiliki range harga murah jika ingin dibandingkan dengan merk hp lainnya. Vendor ini sendiri sebenarnya mempunyai beberapa strategi marketing sebagai penyebab harga hp xiaomi lebih murah dibanding hp lain, yaitu sebagai berikut:

1. Xiaomi Tidak Beriklan Secara Besar-besaran


Coba ingat kapan teman-teman pernah melihat iklan Xiaomi di televisi? Gak pernah kan. Bagaimana dengan iklan berupa bilboard atau banner? Gak pernah juga kan. Apakah Xiaomi menggunakan jasa artis sebagai brand ambassador? Saya yakin tidak.

Contoh diatas adalah salah satu hal yang membedakan antara Xiaomi dengan vendor lain. Dalam beriklan, Xiaomi tidak terbilang ‘wah’. Hal ini berarti Xiaomi bisa menekan dengan baik budget untuk beriklan. Karena jika ingin melakukan strategi iklan mengikuti vendor lain, Xiaomi bisa saja mengeluarkan ratusan juta USD yang tentunya untuk menutupi biaya iklan tersebut, mau tidak mau produk Xiaomi akan berada di kisaran harga yang sama dengan competitor.

Director of Product Management dan Marketing Xiaomi Global, Donovan Sung pada tanggal 5 April 2017 pernah berkata bahwa menghamburkan uang demi beriklan bukanlah gaya Xiaomi.

Tapi jangan sangka bahwa Xiaomi tidak melakukan promosi, salah satu strategi vendor smartphone ini yaitu menggunakan media sosial dalam beriklan. Dengan bermedia sosial, angka promosi bisa ditekan semaksimal mungkin.

Selain itu, Xiaomi banyak bekerja sama dengan para praktisi gadget. Dalam hal ini merupakan reviewer gadget yang terkenal. Walau tidak mengatakan secara gamblang, tapi bisa diperhatikan bahwa reviewer-reviewer yang harusnya objektif, bisa menjadi seorang Mi fans ketika mereview produk dari Xiaomi. Tentu ini merupakan strategi yang mumpuni mengingat banyak orang-orang gaptek akan mengikuti arahan si reviewer  tersebut.

Berbicara mengenai fans, Mi Fans (sebutan bagi fans Xiaomi) cukup berperan besar dalam promosi Xiaomi. Komunitas Mi Fans tergolong besar, kompak, serta tersebar di berbagai negara.  Komunitas ini juga terkenal yang paling loyal dibandingkan komunitas gadget lain. Ketika Xiaomi menyelenggarakan acara di suatu negara, yakinlah bahwa acara tersebut akan penuh dan ramai berkat kehadiran Mi Fans.

Mi Fans bahkan juga sering memberikan feedback mengenai produk Xiaomi, dan bagusnya lagi, pihak Xiaomi ternyata menjalin komunikasi yang akrab dengan Mi Fans. Bahkan Steven Shi, Head of Xiaomi South Pacific Region and Country Manager Xiaomi Indonesia sendiri mengatakan bahwa belajar dari komunitas, berteman serta have fun merupakan strategi serta filosoi Xiaomi. Hal ini jugalah menjadi alasan mengapa produk Xiaomi dapat terkenal tanpa promosi yang besar-besaran.


2. Xiaomi Sering Mengadakan Flash Sale


Pada Desember tahun kemarin, produk terbaru Xiaomi, yaitu Xiaomi Redmi 5A ludes hanya dalam waktu 3 menit. Wow!

Xiaomi memang terkenal sering mengadakan flash sale produk terbaru mereka yang sebenarnya banyak diincar, akan tetapi bukannya mengedarkan secara banyak dalam waktu bersamaan secepat mungkin, Xiaomi malahan mengadakan flash sale. Sesunguhnya strategi flash sale yang dilakukan xiaomi mempunyai banyak keuntungan, antara lain sebagai berikut:
  • Dana pemeliharaan serta penympanan produk bisa ditekan
  • Produk terkesan eksklusif
  • Promosi gratis. Produk seakan-akan cepat laku terjual, padahal sejak awal diproduksi dan dijual secara terbatas.
  • Produk yang jadi rebutan bakalan terus ditunggu
  • Harga produk bisa secepatnya diturunkan karena biaya produksi cepat tertutupi
  • Resiko adanya produk yang tidak laku bisa diminimalisir

3. Berfokus di Pasar yang Potensial


Xiaomi punya strategi menarik yang berkaitan dengan pasar penjualan produk mereka. Jika banyak vendor berusaha untuk memrperluas jangkauan negara penjualannya, Xiaomi malah memilih untuk berfokus terhadap negara yang memang sudah berminat terhadap produk Xiaomi.

Pertama harus diketahui dulu bahwa Xiaomi banyak mengeluarkan produk low-end. Maka negara yang diperkirakan cocok untuk “digempur” adalah negara asia tenggara dan India. Tapi tentu saja strategi ini akan percuma jika ternyata produk xiaomi memang murahan, tetapi nyatanya walau harga terkesan low-end, kualitas produk Xiaomi bisa disejajarkan dengan gadget yang berada di rentang harga 1-2 juta diatasnya. Xiaomi memang murah tapi jauh dari kata murahan.

Negara-negara yang dianggap potensial tersebut menjadi prioritas utama ketika xiaomi akan mengedarkan barangnya ke pasaran. Hal ini berbeda jika dibandingkan vendor lain contohnya apple yang sama sekali tidak menjadikan Indonesia sebagai negara prioritas.


4. Xiaomi lebih berfokus ke penjualan melalui online


Beda halnya dengan vendor-vendor smartphone besar yang banyak berinvestasi dalam membangun took offline, Xiaomi lebih memilih berfokus mellaui pasar online. Sampai saat artikel ini dirilis, produk dengan garansi resmi Xiaomi hanya dijual di erafone serta lazada untuk online dan di Mi Store untuk offline.

Erafone sendiri merupakan salah satu perusahaan ritel terbesar yang mempunyai 200 lebih outlet yang tersebar seluruh Indonesia sedangkan Lazada merupakan salah satu e-commerce terbesar yang beroperasi dibanyak negara.

Walau demikian, Kepala wilayah Pasifik Selatan Xiaomi sekaligus Country Manager Xiaomi Indonesia, Steven Shi pada tanggal 20 Desember 2017 mengatakan pada tahun 2018 ini Xiaomi berencana membuka 30 Mi Store yang tersebar di berbagai kota.

Hal ini tentu makin baik karena dengan demikian calon customer dipermudah dalam membeli produk Xiaomi. Asalkan.. jangan sampai harga hp Xiaomi menjadi lebih mahal yah!

Itulah tadi 4 alasan mengapa harga hp Xiaomi lebih murah dibanding kompetitor. Selain itu, 4 poin diatas juga bisa menjadi alasan mengapa sebaiknya teman-teman memilih Xiaomi ketika membeli gadget.