Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Megapixel Pada Kamera? Seberapa Besar Perannya?

Apa itu Megapixel pada kamera anda? Baik kamera gadget, digital, maupun DSLR yang anda punya. Seberapa besar perannya dalam menentukan kualitas jepretan? Apakah semakin besar megapixel pada kamera maka semakin baik kualitas gambar? Kali ini akan kami bahas dengan jelas apa megapixel itu.

Megapixel (megapiksel) terdiri dari dua suku kata yaitu mega dan pixel. Mega adalah besaran satuan juta sedangkan pixel berasal dari akronim picture element, merupakan kumpulan titik terkecil dalam sebuah grafis yang dihitung per inci. Berarti Megapixel adalah satu juta titik terkecil elemen gambar dalam sebuah grafis.

Kata megapixel sering digunakan oleh penjual-penjual gadget dalam meyakinkan calon pembeli bahwa gadget yang mereka jual mempunyai kualitas yang mumpuni. Sering konsumen bertanya; “seberapa bagus kualitas kamera hp ini?” dijawab dengan “oh sangat bagus pak! Hpnya beresolusi 12 MP! Jauh diatas resolusi hp dengan harga yang lebih mahal”

Memang jika dipikir secara singkat, hp dengan Megapixel yang lebih besar tentunya bisa menghasilkan kualitas gambar yang lebih jernih, karena makin padat jumlah pixel pada gambar otomatis warna dan ketajaman gambar makin mendetail. Padahal nyatanya, kualitas kamera juga dipengaruhi oleh faktor software kamera, settingan ISO, shutter speed, apperture, sensor, lensa, dan white balance.

Perbandingan Hasil Kamera Pixel yang Besar Melawan Kamera Pixel yang Lebih Kecil



Apa Itu Megapixel Pada Kamera? Seberapa Besar Perannya? 

Perbandingan kamera megapixel tinggi dan megapixel rendah


Diatas merupakan perbandingan sederhana antara kamera Vivo 7+ dan Samsung S8 baik di keadaan terang maupun low light. Perlu diketahui dulu berikut ini adalah spesifikasi kamera dari kedua gawai tersebut:


Vivo V7+

Kamera Belakang 16 MP, Aperture f/2.0, phase detection autofocus, LED flash, 1/3" sensor size, 1.0 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR.


Samsung S8


Kamera Belakang 12 MP, Aperture f/1.7, 26mm, phase detection autofocus, OIS, LED flash, 1/2.5″ sensor size, 1.4 µm pixel size, geo-tagging, simultaneous 4K video and 9MP image recording, touch focus, face/smile detection, Auto HDR, panorama, 2160p@30fps, 1080p@60fps, HDR.

Megapixel Tinggi Belum Tentu Menghasilkan Kualitas Gambar yang Lebih Baik


Dari data diatas terlihat jelas bahwa kamera V7+ mempunyai megapixel yang lebih tinggi dari S8 yaitu 16 MP melawan 12 MP milik Samsung, akan tetapi hasil foto mengatakan kalau kualitas kamera S8 lebih jernih baik di kondisi terang maupun low light.

Hal ini dikarenakan pada Samsung S8 terdapat lebih banyak fitur-fitur lain yang lebih unggul, contohnya aperture lebih kecil ataupun pixel size lebih besar dan banyak lainnya yang bersifat teknis.

Yang perlu diketahui adalah fungsi utama resolusi megapixel hanyalah mengenai detail dan ketajaman gambar ketika di zoom. Hal ini dirasa akan sangat berguna ketika gambar ingin dicetak dengan ukuran besar ataupun memperjelas detail gambar karena kualitas zoom kamera dengan Megapixel besar lebih baik daripada Megapixel yang kecil